Rabu, 05 Oktober 2011

post3


Belum ada judul yang bagus buat post Gue kali ini. Kali ini Gue bakal share tentang cara belajar.
                Pas pelajaran ekonomi di sekolah, guru Gue sebut aja pak Su menjelaskan tentang keseimbangan harga pasar, keseimbangan harga pasar disebabkan dari kekuatan dua substansi yang berbeda, yaitu orang miskin Peminta minta, dan salesman. Ya bener sekali harga yang terbentuk dari kekuatan peminta-minta dan tukan tawar menawar. Ketika terjadi keseimbangan maka terjadilah keseimbangan harga di pasar.
                Ketika Gue lagi asik asiknya bengong di sela-sela penjelasan dari Pak Su, tiba-tiba dia nanya ke seorang teman Gue yang duduk dibelakang, ketika ditanya cara mencari harga keseimbangan, dia ga ngerti. Pak Su kemudian berkotbah disela-sela jam pelajaran Ekonomi untuk memotivasi murid murid jahanam ini (Gue gak termasuk), dia bilang kalo ada 3 tipe cara orang belajar. Gue tersadar dari lamunan terus memperhatikan pencerahan dari Pak Su tersebut.
“Anak-anak... di dunia ini ada 3 tipe cara orang belajar”
“...” murid murid pada diam, diam karena nahan boker atau karena memang benar-benar serius.
“blaa blaa blaaa bleketek bleketek prikitiw” (penjelasan yang panjang lebar)
Dari kotbah-kotbah pak Su Gue simpulkan ada 3 tipe
1.       Menggunakan Visualisasi (penglihatan) tipe ini belajar hanya dengan melihat... bisa jadi dia bisa melihat pikiran, kemudian mengetahui jawaban (ngeyel). Maksudnya tipe ini langsung bisa mengerti ketika melihat penjelasan
2.       Menggunakan pendengaran. Tipe pelajar yang kayak gini menurut  Gue praktis banget.  Tinggal rekam materi di hape, kemudian didenger pake head set,  beh keren juga belajar kayak gini
3.       Yang terakhir itu motorik. Jadi belajarnya harus pake motor, ketika ada ulangan pelajar yang bertipe seperti ini naik motor sambil ngebut-ngebut sambil baca buku, wow ekstrim banget. YA ENGGA LAH BEGO pasti mampus dia!.  Maksudnya dia belajar sambil gerak gerak jadi dia belajar, terus nulis ringkasan dari materi (tipe tipe orang rajin).
Setelah Gue perhatiin Gue bilang ke temen sebangku Gue, Rico dia orangnya sama kacaunya dengan Gue tapi lebih pinter
“Rico.. kayaknya kurang satu deh cara belajarnya”
“kurang ? kurang apa?”
“dari indra penciuman..”  Gue ngomong serius
“..” Rico langsung nyambung dengan apa yang Gue maksud

Jadi gue mau jelasin tipe ke 4 yaitu indra penciuman
Bakal keren banget kalo ada yang kayak gini, ketika 3 tipe diatas belajar dengan susah payah, ada yang jungkir balik (motorik) denger headset sampe tuli (pendengaran) ada yang ngeliat sampe matanya kering (penglihatan) tipe ke4 (penciuman) tinggal mencium buku, jadi kalau Gue tipe pelajar yang ke4 ini bakalan asik banget tinggal mencium bau.
Mungkin ada kejadian kayak gini
Gue: (baru masuk kelas ) Eh Rico, belajar apa?
Rico:(sambil menata buku) matematika, kan ada ulangan
Gue:bab berapa? Duh Gue belum belajar(sambil menaruh tas di kursi)
Kemudian gue memperhatikan kelas gue ada yang nyoret nyoret, ada yang denger penjelasan temennya, ada yang menatap kearah buku( entah melamun atau serius belajar), kemudian karena gue tipe ke4 Gue tinggal menghirup udara dari matematika
Gue:(sambil menghirup udara) sruuuututututututut pret pret pret krompyang
Rico: ngapain lo?
Gue: belajar lah sob, duh wanginya y=mx + C...
Rico: oh iya lo kan belajar dari penciuman
Gue:(sambil menghirup lagi) sruuuuut buset integral itu kaya bau jengkol

Beh keren banget kan? Ketika orang menghapal rumus, kita tinggal mencium baunya aja praktis dan hemat waktu... Cuma ada kendala ketika pilek ntar bau- bauan dari huruf bisa bisa engga kecium, atau lebih buruk lagi kita salah menafsirkan bau
Misal;
A:sroot srooot (pilek)
B:ngapain lo sob
A:sroot (masih ngendus buku dan ngisep ingus) belajar sosiologi
B:oh iya, lo kan tipe ke empat, eh artin penyimpangan sosial apa ya?
A:ntar Gue cari dulu oh ini dia sroot (mencium kalimat kalimat dari buku) srooot. Oh ini dia sroot sroot jadi penyimpangan sosial itu adalah suatu tindakan yangterjadi pada simpangan transversal tali
B: engga salah sob?
A:ya elah, masa lo ga percaya dengan idung Gua sih sroot

sangat  tidak keren....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar